Tata Hidang D.III

ata Hidang

Profil Lulusan : Pengelola Operasional usaha dibidang makanan dan minuman.
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun)
Beban Studi : 110-114 SKS
Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Tujuan Pendidikan Tata Hidang (TAH) D3

Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makanan dan minuman.

Bahan Kajian
Food and beverage service operation, Operation and production, Health and Nutrition, Psychology of service, cross-culture, Product and Commodities, Service Communication, Enterpreneurship, Technology, Art.

Kompetensi

  1. Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
  2. Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
  3. Pengetahuan dan kemampuan dibidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi dalam pengembangan serta penerapannya.
  4. Sikap dan perilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
  5. Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
  6. Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
  7. Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
  8. Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
  9. Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan.

IMG_6842

Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Tata Hidang diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai tentang kuliner, penyajian makanan dan minuman, operasional kantor depan hotel dan housekeeping hotel dan sejenisnya. Lulusan Program Studi Tata Hidang ini diharapkan dapat berperan dalam pengembangan produk melalui berbagai pemikiran inovatif dan pengemasan yang menarik sehingga bisa meningkatkan kinerja operasional bisnis hotel, restoran dan sejenisnya. Secara khusus profil lulusan Program Studi Tata Hidang adalah:

  1. Sebagai pengelola operasional usaha bidang makanan dan minuman (restoran, bar, catering, perhotelan) khususnya dibidang pelayanan (standar pelayanan, metode pelayanan, alur pelayanan, serta sistem pelayanan).
  2. Sebagai pengelola operasional produksi minuman (pemilihan bahan baku, pemilihan resep, pemilihan metode, pemilihan alat dan teknologi, penghitungan biaya, serta pelayanan).
  3. Produk analis, stylist, dan mixologis bidang minuman.
  4. Wirausaha di bidang makanan dan minuman.

Kurikulum
Kurikulum Program Studi Tata Hidang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kuliner, penyajian makanan dan minuman, operasional kantor depan hotel, housekeeping hotel dan sejenisnya sesuai dengan Standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kurikulum pada Program Studi Tata Hidang ditempuh selama 6 semester (3 tahun). Mata kuliah yang diajarkan disusun menggunakan kode-kode secara terstruktur yang mengacu pada urutan sistematika kuliah, kelompok bidang ilmu, urutan mata kuliah, dan kelompok program studi. Total SKS yang ditempuh antara 110-114 SKS. Pemberian kode yang spesifik dimaksudkan agar mahasiswa mudah dalam memahami urutan mata kuliah dan pembidangan ilmu pada Program Studi Tata Hidang.

IMG_6822