PALEMBANG – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menyatakan kesiapannya untuk menjadikan Palembang sebagai Center of Excellence Sports Tourism. Hal tersebut diungkapkan Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap kepada Jelajah Nusa via sambungan seluler beberapa waktu lalu.

Menurut Zulkifli, Poltekpar berperan aktif dalam kemajuan wisata di Palembang, khususnya sport tourism. Program sport tourism yang dilaksanakan oleh Poltekpar Palembang akan menjadi trigger pembangunan ekonomi inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat di Sumsel. ”Hal ini karena Poltekpar Palembang mempunyai sumber daya manusia bidang pariwisata yang memadai, memiliki kompetensi, dan terlatih. Dapat dibuktikan dari peran serta mahasiswa sebagai panitia dan volunteer dari berbagai event sport yang diselenggarakan di Palembang,” ujar Zulkifli.

Untuk mewujudkan hal tersebut, imbuhnya, mahasiswa dari masing-masing program studi dibina untuk menjadi SDM pariwisata yang berkualitas sesuai dengan bidangnya (hospitality dan perjalanan)  sehingga dapat mendukung COE Sports Tourism yang telah digagas Kemenpar.

Beberapa event telah diselenggarakan untuk mendukung program Kemenpar yang menggagas Poltekpar Palembang sebagai COE Sports Tourism. Adapun event yg dimaksud adalah Sports Tourism FGD, Sports Event, dan Jakabaring Wonderful Run.

Secara tidak langsung, Poltekpar Palembang dapat dikatakan telah mendukung mahasiswa untuk menjadi seorang atlet. Hal ini dibuktikan dengan adanya program ekstrakurikuler sports yang ada di Poltekpar Palembang, seperti Panah, Bowling, dan Futsal. Beberapa mahasiswa Poltekpar yang memang adalah seorang atlet juga selalu diberi dukungan dan motivasi dari kampus.

”Poltekpar Palembang memiliki dua jurusan yang terdiri dari empat Program Studi, yaitu jurusan perjalanan (Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara) dan jurusan hospitality (Seni Kuliner,  Divisi Kamar,  dan Tata Hidang). Semua prodi sebenarnya memiliki potensi untuk sejalan dengan COE sports Tourism. Namun, saat ini, prodi yang paling berperan adalah Pengelolaan Konvensi dan Acara,” pungkas Zulkifli. (taofik)

www.jajahnusa.com

Leave a Comment